­Mudah mudahan besok dilancarkan

, akan mengunjungi dua Masjid besar di Abudhabi dan Dubai :

1. Jumeirah Grand Mosque, UEA

Bicara tentang bangunan megah nan cantik, rasanya tak akan lepas dari Dubai di Uni Emirat Arab (UEA). Dubai memiliki Jumeirah Grand Mosque yang didirikan tahun 1976.

Masjid tampak berwarna putih gading karena memang dibuat dari batu putih dalam tradisi Fatimiyah abad pertengahan. Ada menara kembar yang tinggi menjulang dengan kubah besar pada bagian tengahnya. Salah satu landmark Dubai tersebut begitu luas sehingga mampu menampung 1.200 jamaah.

Jumeirah Grand Mosque disebut-sebut sebagai masjid yang paling banyak dipotret di seluruh Dubai saking cantiknya. Rumah ibadah ini juga terbuka untuk turis non Muslim. Tersedia tur ke dalam masjid yang diadakan oleh Sheikh Mohammed Centre.

2. Sheikh Zayed Grand Mosque, UEA

Masih di UEA, ada Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi yang dibangun sejak tahun 1996 hingga 2007. Pembangunan masjid diinisiasi oleh Presiden UEA yang namanya digunakan sebagai nama masjid, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Sheikh Zayed Grand Mosque menjadi masjid terbesar di UAE dengan luas area mencapai lebih dari 12 hektar. Desain masjid adalah gabungan dari arsitektur Persia, Arab, Mughal dan Moor, yang menjadikannya tampak begitu menakjubkan.

Bangunannya tampak berwarna putih dengan 82 kubah dan 4 menara yang tingginya 107 meter. Pada bagian halaman masjid berlapis marmer dengan hiasan mozaik yang disebut-sebut sebagai mozaik marmer terbesar di dunia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *