Hungaria, mungkin salah satu negara di Eropa yang jarang dikunjungi wisatawan. Namun jangan salah, negara ini banyak bangunan cantik peninggalan masa lalu seperti peninggalan Kerajaan Turki Ottoman. Mari jalan-jalan ke ibukota negaranya, Budapest.

Kota ini benar-benar penuh sejarah. Setelah Kekaisaran Ottoman tumbang, Budapest berkembang menjadi kerajaan yang cukup disegani di Eropa Tengah bersama Austria, Swiss dan Ceko. Namun pada perang dunia, sekutu menyerang habis Budapest.

Tidak lama setelahnya, Uni Soviet menawarkan “bantuan” yang ternyata kemudian Uni Soviet lupa untuk pulang kembali ke wilayahnya. Budapest akhirnya kembali dibawah jajahan, kali ini dibawah Uni Soviet. Semenjak komunisme berakhir pada 1990, Budapest kembali berkembang hingga saat ini.

Peninggalan perang yang sangat menarik adalah rumah sakit bawah tanah (Rock Hospital). Dibangun semasa perang dunia di bawah bukit. Terowongan pada rock hospital ini panjang dan dalam sekali ke perut bumi, namun jangan dibayangkan seperti Goa Jepang yang ada di Indonesia, di sini peralatannya sangat lengkap. Ada beberapa ruang operasi, ruang perawatan, ruang meeting, kamar mandi, bahkan ada mesin pemurni udara!

beruntung sekali saya pernah berkunjung ke negara ini …..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *